Sabtu, 25 Agustus 2012

pelayanan dan praktik kebidanan

Pelayanan dan Praktik Kebidanan

Sabtu ,25 agustus 2012


PELAYANAN KEBIDANAN
Pelayanan kebidanan adalah bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan yang telah terdaftar (teregister), yang dapat dilakukan secara mandiri, kolaborasi, atau rujukan.
Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga, sesuai dengan kewenangan dalam rangka tercapainya keluarga kecil bahagia dan sejahtera.



Sasaran pelayanan kebidanan adalah individu, keluarga, dan masyarakat yang meliputi upaya peningkatan, pencegahan, penyembuhan dan pemulihan pelayanan kebidanan yang dapat dibedakan menjadi :
1.       Layanan primer ialah layanan bidan yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab bidan.
2.       Layanan kolaborasi adalah layanan yang dilakukan oleh bidan sebagai anggota tim yang kegiatannya dilakukan secara bersamaan, atau sebagai salah satu dari sebuah proses kegiatan pelayanan kesehatan.
3.       Pelayanan rujukan adalah layanan yang dilakukan oleh bidan dalam rangka rujukan ke sistem layanan yang lebih tinggi, atau sebaliknya, yaitu pelayanan yang dilakukan oleh bidan dalam menerima rujukan dari dukun yang menolong persalinan, juga layanan yang dilakukan oleh bidan ke tempat atau fasilitas pelayanan kesehatan lain secara horizontal maupun vertikal atau menungkatkan keamanan kesejahteraan ibu serta bayinya.




PRAKTIK KEBIDANAN
Praktik kebidanan merupakan penerapan menejemen kebidanan dalam membarikan asuhan kebidanan kepada individu, keluarga, kelompo, dan masyarakat. Bidan bertanggung jawab dan bertanggung gugat terhadap keputusan-keputusan yang dibuat dan asuhan yang diberikan. Bidan bekerja dalam pelayanan kesehatan, tetapi juga bertangung jawab dalam pengambilan keputusan kapan dan kemana berkonsultasi, bekerja sama atau merujuk atas dasar standar praktik dan prosedur yang berlaku.
Pelayanan kebidanan berfokus pada upaya pencegahan, promosi kesehatan, pertolongan persalinan normal, deteksi konplikasi pada ibu dan anak, melaksanakan tindakan asuhan sesuai dengan kewenangan atau bantuan lain jika biperlukan, serta melaksanakan tindakan kegawatdaruratan.
Bidan mempunyai tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada permpuan, tetapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Kegiatan ini harus mencakup pendidikan antenatal dan persiapan menjadi orang tua bisa meluas kepada kesehatan perempuan, kesehatan seksual atau kesehatan reproduksi dan asuhan anak.
Bidan dapat menjalankan praktik diberbagai tatanan pelayanan termasuk dirumah, mayarakat, rumah sakit, klinik atau kesehatan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar